Saturday, December 13, 2008

Cara menangani scabies pada kelinci hamil

Banyak kasus yang terjadi indukan kelinci yang sedang hamil terkena scabies. Scabies ini sendiri sebenarnya di sebabkan oleh kutu yang ukurannya kecilllll sekali. Kutu ini menjalar dan beranak pinak di sekitar kulit kelinci. Ciri-ciri kelinci terkena scabies sering garuk-garuk atau menggeleng-gelekkan kepalanya, karena daerah yang pertama di serang biasanya adalah telinga. Warna kulit pun lama-kelamaan akan memerah dan sedikit bersisik. Sebenarnya hal ini bisa di tanggulangi dengan suntikan anti scabies, hanya sayangnya kelinci yang sedang hamil tidak boleh di suntik karena bisa menyebabkan keguguran.

Jadi gimana dong????

Selain suntikan sebenarnya bisa juga dengan obat oles yaitu campuran alkohol, yodium, dan sulfur. Untuk lebih mudahnya sih bisa di beli di dokter hewan.Atau juga memakai salep, namanya scabiesced. Tapi bukan berarti mudah loh mengobatinya kelinci dengan salep atau obat oles, karena tabiat kelinci yang suka sekali menjilat-jilat. Tapi untuk indukan hamil cuma ini cara yang aman, setidaknya minim resiko.

Nah setelah indukannya melahirkan selang 3-4 hari baru deh kita boleh menyuntik anti scabiesnya. Selang hari itu untuk meminimalkan tingkat stress kelinci paska melahirkan. Kelinci yang sedang menyusui tapi terserang scabies terkadang suka ogah menyusui anaknya, ini di karenakan gatal yang amat sangat yang menderanya, membuatnya tidak betah sedikit berdiam diri ketika anaknya menyusui. Dan akibat terparahnya si anak bisa mati karenanya.

Jadi langkah yang sebaiknya di ambil :

1. Obati ibu kelinci yang sedang hamil dengan obat oles atau salep untuk sementara.

2. Setelah melahirkan selang 3-4 hari bila scabiesnya belum sembuh silakan suntik anti scabies.

3. Bila si ibu tidak mau menyusui anaknya pisahkan terlebih dahulu si anak dengan ibunya, dan untuk sementara berikan susu kambing etawa untuk pengganti susu ibunya, setidaknya agar si anak mampu bertahan tanpa susu ibunya.

4. Setelah sehari ibunya di suntik kembalikan si anak-anak kelinci tadi ke pelukan ibunya dong, biar bagaimanapun mereka lebih suka susu kelinci ketimbang susu kambing

1 comment: